Muncul Jerawat Saat Memakai Cream Pemutih ? Ini Alasannya

Kulit normal yang kemudian menjadi bermasalah, seperti contohnya menjadi berjerawat pasca menggunakan produk wajah tertentu merupakan perubahan yang dinamai sebagai reaksi purging atau breakout.

Reaksi tersebut merupakan efek dari penggunaan produk wajah yang membuat kulit wajah mengalami kondisi yang memburuk untuk kemudian lambat laun menunjukan perubahan kondisi kulit menjadi lebih baik

Reaksi purging tersebut secara umum terjadi akibat efek dari bahan retinoid, AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid) seperti asam glikolat,salycilic acid , dan sulfur, yang seringkali terkandung didalam produk cream wajah yang sebenarnya berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat.

Lalu, mengapa bahan anti jerawat justru menyebabkan jerawat ?

Jerawatan Setelah Menggunakan Cream Wajah

Reaksi Purging

Kulit wajah yang bermasalah biasanya memiliki pori-pori kulit yang cenderung tertutup.

Dan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam produk wajah seperti tertera di atas, bekerja dengan cara terlebih dahulu membuka pori-pori yang sebelumnya tertutup, untuk kemudian menghentikan perkembangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, mengontrol produksi minyak di kulit wajah, membuang lapisan sel kulit yang mati, dan akhirnya, sesuai fungsi dari bahan tersebut, mengobati & menghilangkan jerawat.

Namun, saat proses membuka pori-pori kulit yang sebelumnya tertutup tersebut, bakal jerawat yang tersimpan di dalam pori muncul ke permukaan kulit, sehingga efek yang kita rasakan adalah terkesan seperti munculnya beberapa jerawat baru.

Reaksi Purging dan Breakout

Dalam proses perbaikan lapisan kulit, kemungkinan reaksi purging dapat berlangsung dalam waktu lama, bahkan hingga berminggu-minggu, hingga kemudian terhenti dan lapisan kulit menjadi terlihat lebih sehat dan cerah.

Namun, bukan berarti setiap penggunaan cream pemutih wajah selalu menghasilkan efek purging.

Karena ada kemungkinan juga jika masalah jerawat yang muncul disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi ( breakout ) terhadap kandungan cream yang digunakan.

Bedanya, pada kondisi breakout, jerawat muncul disertai dengan masalah lainnya seperti kulit yang kemerahan, peradangan, bengkak, atau bahkan bisul.

Jika penggunaan cream wajah menunjukan reaksi breakout, segera hentikan penggunaan cream wajah yang memancing reaksi tersebut.
Klik Untuk Bagikan →
loading...

Entri yang Diunggulkan

Sering Mengikat Penis Agar Ereksi Lebih Keras, Amankah ?

Salah satu cara instan untuk membuat "Mr P" ereksi dengan keras adalah dengan melakukan pengikatan di area pangkal penis. Pengi...

Baca Juga :

Memuat...